Kamis, 01 September 2016

Daerah asal saya


                Halo Pengunjung Blog yang setia, untuk yang pertama kalinya saya akan membahas tentang daerah asal atau lebih tepatnya tempat kelahiran saya yaitu Pasuruan.

              Ada yang tahu tidak, Pasuruan itu di mana? Sudah pernah ke Pasuruan belum? Nah, inilah peta kabupaten/kota Pasuruan.


                 Pasuruan merupakan salah satu kabupaten/kota di Indonesia, di provinsi Jawa Timur. Pasuruan terletak terletak sekitar 65 km sebelah tenggara Kota Surabaya. Pasuruan sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur dan terletak di kawasan segitiga emas dan termasuk gerbang Kertosusilo plus Jawa Timur, Kota Pasuruan mengalami kemajuan pesat di bidang industri, perdagangan dan jasa.

                   Pasuruan  dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena seni budaya di Pasuruan banyak diwanai oleh ciri khas budaya Islami. Daerah yang terbentang di hamparan pesisir ini memiliki keanekaragaman kesenian daerah yang atraktif dan komunikatif dengan tata cara kehidupan masyarakat, terutama masyarakat pedesaan dan nelayan.

                  Berikut ini adalah beberapa kebudayaan, makanan dan ciri khas dari Pasuruan yang masih dilestarikan.

1. SENI AL-BANJARI

               Seni Al-Banjari merupakan suatu seni yang bernafaskan Islam. Disebut Al-Banjari karena alat “terbang” disertai aturan memukul sehingga dihasilkan dentuman nada-nada yang indah. Keistimewaan Al-Banjari terletak pada suaranya yang bertalu-talu ditambah suara bas, jika dicermati mirip musik samba dari Brasil. Hadrah Al Banjari ini sering dimainkan untuk memeriahkan acara khitanan, pernikahan dan pada peringatan hari-hari besar umat Islam seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

2. PENCAK SILAT

           Pencak Silat merupakan seni bela diri yang sudah cukup tua usianya. Pencak Silat  yang berada tersebar di Pasuruan sudah ada sejak jaman Belanda. Pencak silat Pasuruan terus berkembang dan telah menghasilkan banyak pendekar. Pendekar  tidak cukup hanya mengandalkan kekuatan fisik, tetapi juga berusaha mengisi tubuhnya dengan kekuatan kanuragan sehingga memiliki kekebalan tertentu. Selain untuk pertahanan diri, gerakan-gerakan dalam pencak silat ini cukup indah dan mengandung nilai seni.

3. BATIK PASURUAN



                           Pasuruan memiliki potensi alam yang sangat indah, sehingga banyak dijadikan inspirasi dalam pembuatan motif batik khas Pasuruan. Sejarah berkembangnya Batik Pasuruan sudah sejak jaman nenek moyang. Namun sempat mengalami kemunduran, dan dikembangkan kembali sekitar tahun 1999. Sampai saat ini terdapat sekitar 60 pebatik yang tersebar di kelurahan Bugul Kidul dan Tembokrejo. Selain itu terdapat Desa Wisata Batik Pasuruan letaknya di desa Jagil, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Keberadaan batik di Indonesia memang sudah menyatu kuat dengan denyut nadi kehidupan masyarakat Indonesia. Hampir di seluruh daerah di Indonesia dapat ditemukan mahakarya ini dengan ciri khasnya masing-masing. Tidak terkecuali Kota Pasuruan yang menonjolkan corak kembang sirih. Motif ini dijadikan ikon Kota Pasuruan, dan sudah dijadikan seragam wajib bagi seluruh siswa sekolah dasar yang ada di Pasuruan.


4. TARI TERBANG BANDUNG

                    Tari Terbang Bandung adalah drama tari tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan perkembangan dari seni Al-banjari. Terbang Bandung dimainkan oleh dua atau lebih grup. Drama tari Terbang Bandung ini merupakan perbandingan permainan instrumen, kecakapan menari dan kemegahan tata busana antara dua group terbang yang sedang bertanding. Lama-kelamaan permainan ini berkembang kea rah lain bercampur dengan unsur magis menjadi permainan adu kekuatan ( sihir ).

              Adapun kuliner atau makanan khas dari bumi Pasuruan adalah sebagai berikut.

1. BIPANG/JIPANG

                 Bipang merupakan olahan dari beras yang kemudian dicampur dengan gula yang melalui proses penjemuran dibawah terik matahari dan kemudian digoreng. Saat ini bipang jangkar di produksi dengan berbagai macam rasa.

2. KUPANG KRATON

            Kupang adalah makanan sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis , lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih mak nyus dimakan dengan Sate Kerang . Untuk minumannya bisa Es Degan Hijau, disamping segar es degan bisa meminimalisir alergi kupang & kerang. Makanan Khas Pasuruan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan Ir. Juanda dan Pasar Kraton.

              Selain kebudayaan dan kuliner, ada juga tempat wisata yang terkenal di Pasuruan.

1. TAMAN SAFARI INDONESIA II PRIGEN

               Tempat wisata yang terletak di Taman Nasional Gunung Arjuna ini merupakan taman safari terluas di benua Asia. Tentu saja tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga khususnya anak-anak. Karena di sini Anda dapat melihat berbagai macam jenis spesies hewan serta atraksi menarik oleh hewan. Taman Safari Indonesia ini menjadi sebuah area tempat wisata yang memiliki tema lingkungan dan juga berorientasi pada habitat satwa.

2. KEBUN RAYA PURWODADI





              Tempat wisata di Pasuruan selanjutnya adalah Kebun Raya Purwodadi. Tempat wisata yang memiliki luas sekitar 85 hektar ini memiliki kurang lebih 10.000 macam koleksi pohon dan tumbuhan. Tak hanya itu saja, kebun raya yang didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 ini juga merupakan sebuah kebun penelitian terbesar. Kebun Raya Purwodadi terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

3. COBAN BAUNG



                 Berikutnya adalah Air Terjun Coban Baung. Wisata ini terletak di belakang Kebun Raya Purwodadi. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 100 meter ini juga merupakan tempat wisata yang paling populer dan sering dikunjungi para wisatawan. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan para wisatawan ketika mengunjungi air terjun ini adalah rock climbing, river boating, jungle survival dan masih banyak lagi.

4. SAYGON WATERPARK



               Jika bosan berwisata alam, Anda bisa mencoba wisata lainnya yaitu berwisata air di Saygon Waterpark. Tempat wisata yang terletak di Sengon, Kecamatan Purwosari, Pasuruan ini akan dipadati pengunjung  pada saat akhir pekan dan hari libur. Beberapa wahana menarik yang ada di tempat wisata ini adalah kolam arus, waterpark anak, kolam ombak, twister, slide kecepatan ekstrim dan masih banyak lagi. Untuk bisa sampai ke sini pun sangat mudah, yaitu hanya 2 menit dari perempatan Sengon.

5. AGRO BHAKTI ALAM



           
         
                    Tak lengkap ke Pasuruan jika belum mengunjungi Bhakti Alam. Wisata yang satu ini merupakan wahana wisata buah yang menarik untuk dikunjungi. Di lahan seluas 60 hektar ini terdapat sekitar 15 jenis buah-buahan yang tubuh subur, seperti mangga, klengkeng, jeruk, durian, semangka, melon, buah naga dan masih banyak lagi.

6. BUKIT FLORA



                    Tempat wisata yang terletak di Desa  Tutur, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Selain indah, letaknya yang berada di dataran tinggi yaitu sekitar 700 meter di atas permukaan laut tentu saja memiliki udara yang sejuk dan segar. Tak hanya dapat melihat keindahan bunga, di sini Anda pun bisa menikmati fasilitas yang disediakan, seperti flying fox, titian tali dan lainnya.

sumber :

http://www.pasuruankab.go.id/’

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pasuruan

http://www.tribunnews.com/tag/pasuruan

1 komentar:

  1. DEPOSIT OVO INDOKARTU

    Sekarang indokartu sudah bisa deposit via OVO bosku, Jadi buat anda yang selama ini sudah menanti nantikan hal ini bisa bergabung bersama kami di INDOKARUT.
    Hubungi kami di :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu
    Atau langsung di Livechat kami di www(titik)indokartu(titik)biz

    PERMAINAN POKER ONLINE

    BalasHapus